Sherwood Dukung Performa Emmanuel Adebayor

Sherwood Dukung Performa Emmanuel Adebayor

Sherwood Dukung Performa Emmanuel Adebayor

Melihat ketajaman Emmanuel Adebayor kembali pada titik terbaik membuat Tim Sherwood sangat senang. Peran sentral penyerang berkebangsaan Togo itu mampu menciptakan salah satu gol saat menaklukkan Manchester United di Old Trafford pada akhir pekan kemarin. Pelatih Tim Sherwood menegaskan kalau Adebayor bakal menjadi pemain kunci utama bagi dirinya hingga sepanjang musim kompetisi mendatang, setelah ia menorehkan empat gol dari lima pertandingan terakhir di masa kepemimpinannya, setelah dipecat dari tim utama oleh pelatih sebelumnya, Andre Villas-Boas. “Ketika penampilannya seperti saat ini, maka dirinya sangat sulit untuk dihentikan pemain-pemain lawan,” ucap pelatih berusia 44 tahun, Tim Sherwood.

“Saya sama sekali tidak melihat sebuah alasan kalau dirinya bakal mudah dihentikan pada titik ini,” puji Sherwood terhadap penyerang berusia 29 tahun. United sempat mengawali pertandingan dengan baik, namun mereka tertinggal lebih dulu melalui aksi Adebayor di paruh pertama setelah tandukannya tidak dapat diselamatkan penjaga gawang David De Gea. Bintang internasional Togo itu harus ditarik keluar dari arena pertandingan, sebelum sundulan Christian Eriksen juga merobek jala Manchester United dan Danny Welbeck hanya mampu memperkecil ketertinggalan hingga berakhirnya laga. Walaupun pelatih Manchester United David Moyes merasa dirampok oleh wasit atas keputusannya yang tidak memberikan hadiah penalti kepada timnya, Sherwood mengakui kalau pihak tim asuhannya beruntung terhindar dari hal tersebut, namun faktor yang membuatnya pusing adalah absennya beberapa pemain lagi.

“Untuk saat ini ia (Emmanuel Adebayor) berada dalam kondisi yang terpisah dari skuad dan kami tidak dapat mengetahui lebih lanjut apa yang terjadi dengan dirinya, mengingat di sekujur tubuhnya harus ditempeli es,” lanjut Sherwood. “Ia terus berjalan di separuh pertandingan, meski ia mencoba untuk berjuang demi tim, namun sulit untuk mencari penggantinya. Kami memiliki sembilan pemain dalam kondisi yang mengalami cedera, sehingga tim saat ini hanya memiliki keterbatasan dalam skuad.” Berbanding terbalik  sejak di era kepemimpinan Andre Villas-Boas, Emmanuel Adebayor merasa terhina dan harga dirinya seakan diinjak-injak oleh pelatih berkebangsaan Portugal tersebut sejak masih menangani Tottenham.

Tetapi setelah melepaskan diri dari jeratan Villas-Boas, usai hasil buruk tim London utara berujung kepada hasil pemecatannya, dan kemudian presiden klub menunjuk Daniel Levy, yang ternyata memberikan nafas kehidupan bagi sang penyerang. Setidaknya kepercayaan diri Tim Sherwood di dalam diri Emmanuel Adebayor sangat tinggi, sehingga kapasitasnya sejauh ini sama sekali belum pudar, walau sudah tidak bersentuhan cukup lama dengan komposisi pemain utama. Sejak diasuh oleh Andre Villas-Boas, performa Adebayor sepenuhnya sangat turun drastis, mengingat kesempatan yang diberikan juga tidak tiba kunjung juga sampai akhirnya pihak pemilik klub memilih untuk mendepak Villas-Boas, karena tumpulnya permainan Tottenham sejak memasuki persaingan di musim ini.