Rooney dan Fellaini – Incaran utama Arsenal

Rooney vs Feillani - Artikel Bola Terkini

Harapan fans Arsenal untuk transfer impian musim panas ini nampaknya masih belum berakhir. Arsenal yang dirumorkan menawar Wayne Rooney sudah mendapatkan restu dari Ivan Gazidis yang memberikan jaminan bujet transfer yang mewah – untuk ukuran Arsenal.

Sportsmail secara ekslusif akhir bulan lalu membeberkan tentang persiapan Arsenal untuk mendatangkan Wayne Rooney ke Emirates Stadium.

Arsenal berharap paket gaji senilai 170 ribu pounds per pekan dan transfer jutaan pounds berikut kontrak lima tahun dapat menarik minat Rooney untuk menurunkan standar gajinya yang sekarang – 250 ribu pounds per minggu, yang bersisa dua tahun lagi.

Klub juga mengeksplorasi rencana perpindahan striker Fiorentina, Steva Jovetic dan penyerang Real Madrid, Gonzalo Higuain, yang berada dalam posisi teratas permintaan Wenger musim ini, sedangkan Michu sebagai opsi cadangan.

Begitu juga dengan gelandang Everton, Marouane Fellaini yang memiliki klausul buy-out senilai 24 juta Euro. Pemain Bayern Muenchen, Luis Gustavo dimonitor pula oleh jaringan scout Arsenal.

Dari daftar pemain diatas, Rooney adalah target prioritas Arsenal – seperti yang dijelaskan Gazidis. Gazidis juga menjelaskan bahwa klubnya – berbujet transfer 70 juta Euro untuk musim panas ini – sanggup memenuhi tuntutan financial dari bintang macam Rooney.

Dia berkata,” Tentu saja kami bisa melakukannya, bahkan kami bisa melakukan (mendapatkan pemain bintang) lebih dari itu. Tak diragukan lagi, kami akan manuai hasil dari rencana yang kami tanam sejak lama, hasil yang akan berdampak besar bagi financial klub. Yang akan menentukan kemajuan klub dua musim mendatang.

“Hal itu (kesepakatan komersial) akan berdampak signifikan bagi klub. Artinya bila kita melihat sebelum deal tersebut terjadi – kita tak akan mampu untuk bersaing secara kompetitif di bursa transfer – tapi setelah kesepakatan komersial ini berlangsung, kami akan mengubah kesuksesan di dalam neraca keuangan menjadi sukses di atas lapangan, trofi. Saya tahu kalau Arsene Wenger juga mengikuti perkembangan ini dan kami bersama-sama meyakininya. Ini bukan bualan.

Tentu saja bukan hal yang mudah untuk menarik pemain seperti Rooney ke Arsenal. Bayangkan bila anda adalah seorang pemain internasional Inggris aktif yang memiliki jumlah gol terbanyak di pertandingan internasional. Anda juga memegang gelar Liga Champions, serta 5 medali Premier League, berikut Piala intercontinental. Lantas pindah ke klub rival yang sudah puasa gelar selama 8 tahun. Masuk akal?

Kembali ke transfer Arsenal, seorang kiper, bek tengah, dan gelandang bertahan dibutuhkan oleh Arsene Wenger untuk menutup lubang yang selama ini muncul di lini tengah dan pertahanan Arsenal. Pertengahan musim 2012/2013 menunjukkan kalau Mikel Arteta butuh pemain pendamping yang bisa mengcover pertahanan. Arteta yang bertipe soft dan skillfull harus ditemani oleh gelandang tengah berintelijensia tinggi dalam bertahan. Pemain yang bisa menutup celah-celah di sisi pertahanan Arsenal bila fullback sudah naik ke depan.

Dulu Arsenal memiliki pemain seperti Patrick Vieira dan Ray Parlour, gelandang tengah berkarakter keras dan bertenaga kuda, memiliki spatial awareness yang tinggi, dan akurasi umpan yang memadai. Khusus Vieira, dia adalah pemain yang penting saat pertahanan dan penyerangan Arsenal. Saat bertahan, Vieira adalah tembok pertama sebelum musuh masuk ke jantung pertahanan Arsenal, saat menyerang, dia adalah orang pertama yang memegang bola saat counter attack.

Kini pemain dengan tipikal permainan seperti itu tak ada di skuad, terakhir kali Arsenal memiliki breaker adalah Gilberto Silva, Flamini, dan Alex Song – breaker dengan kemampuan passing yang bagus.