Mesin Waktu 11 Februari 2013

Mesin Waktu 11 Februari 2013Mesin Waktu 11 Februari 2013 – Pada tanggal 11 Februari 2013, Nigeria berhasil merebut titel juara Piala Afrika untuk yang ketiga kalinya setelah mereka mampu mengalahkan tim kejutan Burkina Faso di babak final yang digelar di Afrika Selatan atau tepatnya di Johannesburg. Nigeria akhirnya mampu mengakhiri puasa yang telah diderita oleh tim yang berjulukan The Super Eagles tersebut selama 19 tahun di dunia sepakbola internasional yang paling bergengsi di benua Afrika tersebut.

Nigeria dan Burkina Faso sendiri sebenarnya pada turnamen tersebut sudah bertemu. Tepatnya Nigeria dan juga Burkina Faso berada di grup yang sama yaitu grup C. Nigeria kala itu bergabung bersama Burkina Faso, Zambia dan juga Ethiopia. Ada kemiripan antara penampilan Nigeria dan juga Burkina Faso. Kedua tim ini hanya mampu bermain imbang kala menghadapi Zambia di babak grup. Dan ternyata keduanya juga mampu meraih kemenangan atas Ethiopia. Jelas di laga terakhir putaran grup, keduanya memiliki kekuatan yang merata. Namun ternyata Burkina Faso mampu mengungguli The Super Eagles dan lolos sebagai juara grup dengan unggul selisih gol atas Nigeria di Grup C tersebut.

Di babak 8 besar, Nigeria akhirnya menghadapi lawan berat dimana Pantai Gading sudah menunggu mereka yang kala itu diperkuat Didier Drogba. Namun ternyata The Super Eagles sendiri mampu tampil mengejutkan. Nigeria mampu keluar sebagai pemenang keitka Emmanuel Emenike dan juga Sunday Mba mampu mencetak gol ke gawang Pantai Gading tersebut. Sementara Pantai Gading hanya mampu membalas melalui gol pemain Newcastle, Cheick Tiote. Jelas hal ini membuat kepercayaan diri para pemain Nigeria semakin tinggi. Apalagi Pantai Gading merupakan favorit utama di turnamen Piala Afrika yang digelar di Afrika Selatan tersebut.

Di babak semi final Nigeria akan bertemu dengan Mali. Dan tanpa ampun Mali dilibas oleh pasukan The Super Eagles tersebut. Nigeria dengan sukses dan juga meyakinkan mampu meraih kemenangan dengan skor yang sangat telak 4-1 guna menyegel tiket ke babak final Piala Afrika tersebut. Dan Nigeria kembali bersua dengan Burkina Faso yang ternyata mampu menampilkan permainan yang cukup mengejutkan ketika menyingkirkan Togo di babak 8 besar dan juga mengalahkan tim favorit juara Ghana di babak semi final melalui drama adu penalti

Nigeria sendiri akhirnya mampu keluar sebagai juara dan juga berhasil mempupus harapan dan juga mimpi dari Burkina Faso yang melakoni laga final perdana mereka di turnamen Piala Afrika tersebut. Nigeria mampu mencetak gol melalui Sunday Mba selang lima menit memasuki jeda turun minum. Burkina Faso yang mengincar gelar perdana di final perdana mereka, ternyata tidak mampu membalas gol dari Sunday Mbia tersebut. Alhasil Nigeria meraih gelar juara dan terus mempertahankan rekor tidak pernah kalah ketika mereka menghadapi Burkina Faso dalam 13 laga.