Manchester United Bisa Dapatkan Lewandowski

Robert Lewandowski

Manchester United Bisa Dapatkan Lewandowski

Berita World Cup – Chief Executive Borussia Dortmund mengatakan bahwa striker andalan mereka, Robert Lewandowski tidak akan dijual ke Bayern Muenchen musim ini. Pemain internasional Polandia berusia 24 tahun ini beberapa waktu lalu gencar diberitakan pindah ke Allianz Arena, tapi sekarang Manchester United berpeluang untuk mendapatkannya.

Manchester United yang harus menjaga ketajaman di line depan mereka musim depan- bila Rooney benar-benar hengkang – tertarik mendatangkan Lewandowski sejak dua bulan lalu. Ketertarikan Manchester United pada pemain Polandia itu sudah tercium media sebelum Lewandowski mencetak empat gol yang meruntuhkan harapan Real Madrid untuk meraih la decimal. Akibat empat gol fantastis yang menunjukkan kualitasnya sebagai striker – tiga gol diantaranya dilakukan tanpa melihat gawang – membuat harga pemain yang sempat diincar Mark Hughes pada tahun 2010 itu naik berkali-kali lipat.

Mungkinkan Dortmund sudah ‘bertobat’ dan menghentikan kegiatan mereka sebagai feeder club Bayern Muenchen?

Meskipun pahit, sebutan sebagai feeder bagi klub lain tentu bukan sebutan yang mengenakkan. Faktanya itulah yang terjadi di Signal Iduna Park beberapa musim terakhir. Setelah bangkit dari krisis financial dan menjadi kampiun Bundesliga dengan skuad dan pelatih muda tahun 2011, banyak klub besar tertarik dengan pemain-pemain mereka. Berturut-turut mereka harus menyaksikan pemain terbaik satu-persatu pindah, setelah Nuri Sahin – terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga 2011 –  pindah ke Real Madrid, penggantinya, Shinji Kagawa – terpilih sebagai pemain terbaik Bundesliga 2012 – juga diangkut Manchester United setahun berikutnya. Yang paling mengejutkan bagi supporter Dortmund tentu saja pindahnya rekan setim Lewandowski, Mario Goetze, yang memberikan shock theraphy pada penghuni Signal Iduna Park saat April lalu mengumumkan kepindahannya ke Bayern Muenchen, rival berat mereka dan setelah itu Lewandowski diprediksi juga akan segera bergabung dengan klub yang meraih treble winners itu.

Saat ini, disamping Robert Lewandowski, pemain-pemain Dortmund lain juga diincar oleh klub top Eropa karena permainan brilian mereka di Liga Champions 2012-2013. Tak kurang dari Matt Hummels yang diminati Barcelona, Nevan Subotic dengan klub yang sama, Kuba yang diminati oleh klub-klub Inggris, Ilkay Gundogan yang diminati Arsenal, dan Man United dan juga Sven Bender yang tampil ciamik sebagai holding midfielder.

CEO Borussia Dortmund, mengatakan pada Bild bahwa :”Robert Lewandowski sudah pasti tidak akan pindah ke Bayern Muenchen musim depan. ini adalah keputusan kami. Agen dan Robert sendiri sudah diberi tahu.”

Manchester United telah diberitakan menjadikan Lewandowski sebagai proyek jangka panjang mereka. Apalagi setelah sang striker santer akan diberitakan meninggalkan Bundesliga. Rival Manchester United untuk mendapatkan Robert Lewandowski adalah Bayern Muenchen.

Disamping kedua klub juara liga musim ini, Chelsea juga dapat mengikuti kompetisi untuk mendapatkan Lewandowski bila buruan mereka – Stevan Jovetic, Edinson Cavani, dan Hulk gagal didapat. Bahkan sangat mungkin Lewandowski menjadi target utama mereka.

Dortmund yang dikalahkan Bayern Muenchen di final Liga Champions musim ini, harus menjual strikernya itu diwaktu yang tepat. Klub kuning-hitam itu mungkin saja harus menerima uang yang lebih sedikit daripada yang bisa mereka dapatkan sekarang. Kendati demikian, penolakan tegas untuk menjual Lewandowski ke Bayern Muenchen sedikit melegakan fans Dortmund yang masih shock karena pemain kesayangan mereka, Goetze dijual.

Lengah sedikit saja, Dortmund bisa kehilangan Lewandowski secara gratis bila sang striker menunggu kontraknya habis dan tak mau pindah ke klub lain.