Harapan Chelsea Untuk Membangun Stadion Baru Semakin Dekat

StamfordBridge3

Harapan Chelsea Untuk Membangun Stadion Baru Semakin Dekat

Berita Piala Dunia – Mimpi Chelsea untuk membangun stadion baru berkapasitas 60.000 tempat duduk secara bertahap semakin mendekati kenyataan. Chelsea ditawari untuk mengikuti plot pembelian area sebesar 17-acre yang dijadwalkan akan dijual akhir tahun ini.

Area yang dimiliki oleh perusahaan Transport for London (TFL) saat ini digunakan sebagai depot kereta api. Area yang ditawarkan untuk Chelsea itu disebut Lillie Bridge. Area itu rencananya dijual karena depot kereta api akan dibangun lebih luas, ke daerah yang memiliki luas 77 acre dan disebut sebagai Masterplan Earl Court. TFL mengungkapkan pada developer properti Capco, bahwa penjualan area tersebut  tidak dijual diatas meja, semua pihak diberi kesempatan untuk mengajukan penawaran harga atas area terbuka.

TFL telah memulai studi kelayakan dari area tersebut, kemungkinan kegiatan ini akan selesai pada akhir tahun. TFL bersikeras mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan setiap kemungkinan yang ada. Artinya, persaingan untuk membeli area seluas 17-acre itu sangat berpotensi menimbulkan perang harga. Roman Abramovich harus menyiapkan dananya untuk bertarung dengan Developer Properti Capco. Hanya keinginan yang kuat dari Abramovich untuk memindahkan Chelsea dari Stamford Bridge yang membuat hal ini terjadi. Sebab ini adalah perang yang akan berlangsung serius. Semua orang sudah tahu bahwa lahan kosong di kota London pasti berharga tinggi dan sulit untuk mencarinya lagi dimasa depan.

Sampai saat ini belum jelas apakah sudah terjadi pembicaraan antara TFL dan Roman Abramovich mengenai Lillie Bridge. TFL juga belum mengambil keputusan dengan bulat, apakah Lillie Bridge akan dijual secara penuh atau disewakan saja. Biaya pengambilalihan area itu ditaksir senilai dengan 200 juta pounds. Jika Chelsea memutuskan untuk bergerak membeli Lillie Bridge, mereka tidak akan kesulitan untuk menutup dana. Pemanfaatan Stamford Bridge menjadi asset property akan memberi pemasukan yang sangat banyak bagi klub. Mengingat posisi Stamford Bridge yang berada pada salah satu wilayah eksklusif di London.

Area sebesar Lillie Bridge bisa dimanfaatkan Chelsea untuk membangun stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk. Penambahan kursi stadion dapat berujung pada naiknya pendapatan dari tiket pertandingan. Seperti naiknya pemasukan Arsenal sejak Stadion Emirates diresmikan. Chelsea ditengarai ingin membangun stadion yang megah laiknya Stadion Emirates milik Arsenal, yang juga memiliki luas wilayah 17 acre, dan Stadion Old Trafford milik Manchester United, berkapasitas paling besar diantara stadion klub-klub Inggris dengan kapasitas 75.000 tempat duduk. Stadion Stamford Bridge, kandang Chelsea saat ini hanya berkapasitas 40.000 tempat duduk, sama dengan jumlah kapasitas kursi di Stadion Anfield, kandang Liverpool. Pembangunan stadion baru sekurangnya akan menyedot dana sebesar 600 juta pounds karena dibangun diantara jaringan transportasi dan komunikasi London yang padat.

Untuk membangun stadion baru diperlukan ijin dari pihak terkait. Untuk membangun Lillie Bridge, Chelsea harus meminta ijin pada Hammersmith dan Dewan Fulham. Sayangnya langkah Chelsea untuk meminta ijin dari Dewan Fulham menghadapi kendala. Awal tahun lalu, Dewan Fulham mengatakan bahwa “tak ada tempat” bagi Chelsea dalam langkah pengajuan itu.

Namun Chelsea percaya mereka bisa mengatasi kendala tersebut. Chelsea mengatakan bahwa mereka percaya walikota London, Boris Johnson, mendukung rencana mereka untuk membangun stadion baru – jika berhasil membeli area Lillie Bridge – dukungan Boris Johnson sangat penting karena posisinya berada diatas Dewan Fulham. Selain itu, Boris Johnson tercatat sebagai Ketua Dewan Direksi TFL.