Bola Online Mantan Sekjen PSSI kritik Pembinaan Persib

Mantan Sekjen PSSI kritik Pembinaan Persib

Mantan Sekjen PSSI kritik Pembinaan Persib

Bola Online – Tokoh Sepak bola yang berasal dari Bandung sekaligus adalah mantan Sekjen PSSI Nugraha Besoes mengatakan bahwa ia menilai pembinaan sepak bola di Bandung saat ini harus segera untuk dibenahi demi nantinya untuk mengembalikan citra nama baik Bandung yang mana pernah lekat dan juga sempat dijuluki sebagai kiblat sepak bola yang ada Indonesia pada saat di era 1980’an hingga 1990’an. Menurut Kang Nunu, yang mana adalah sapaannya, Persib bukanlah  satu-satunya yang mungkin harus dapat bertanggung jawab atas adanya sutuasi yang saat inisudah terjadi, khususnya dalam sebuah urusan dalam mencetak pemain local yang ada di  Jawa Barat yang outputnya tentu saja bisa dimanfaatkan untuk sebuah kepentingan tim Nasional. Meski Persib belakangan ini menjadi salah satu klub yang mana paling banyak bisa untuk menyumbangkan  pemainya ke timnas. Namun , ternyata hal itu kata Kang Nunu dalam sebuah  tanda kutip.

Sebab , para pemain yang berasal dari Persib yang mana berkostum timnas bukanlah para pemain yang dicetak dari sebuah pola pembinaan yang konvensial dalam kompetisi amatir di Kota Bandung yang kala itu adalah di era Perserikatan yang bisa digunakan jadi pondasi buat Persib. “Siklus  dari Prestasi Persib juara 1937,1961,1986,1990,1994 dan Liga  1994/1995. Muncul sebuah pertanyaan kenapa siklus Persib seperti itu saat ini ? Mencari pemain dalam binaan , pekerjaan siapa ini? Jawabanya ternyata  bukanlah  sepenuhnya adanya pekerjaan dan juga  tanggung jawab dari klub Persib ,” ucapnya . “ Tapi pekerjaan ini ternyata dari hulunya , yakni klub amatir danjuga Pengcab PSSI Kota Bandung itu sendiri. Ada tiga elemen yang sangat penting yakni Pengcab, klub amatir dan juga Persib sebagai salah satu  titik apinya.

Ketiga elemen inilah yang mana tentu saja harus mencapai adanya  titik temu. Ketika kompetisi ditingkat klub yang amatir tersumbat itu akan menjadi tugas dari Pengcab  untuk  nantinya kembali dapat untuk menjalankanya ,” tambahnya. Meski begitu, Kang Nunu saat ini tetap dapat mengkritisi sebuah sikap Persib dalam beberapa musim yang  terakhir,  yang mana menurutnya sudah berubah menjadi klub yang mana dulu cukup dapat mengedepankan adanya pembentukan tim secara proses. “ Persib juga saat ini tidak mau proses selalu  dengan jalan  instan. Kalu tiga elemenyang sangat  penting ini tidak  ketemu, pemain-pemain kita  nantinya akan segera buyar ,” paparnya. Menanggapi adanya hal tersebut, Komisaris PT. PBB, yaitu Kuswara S.Taryono yang mana kala itu mengungkapkan cukup menghargai adanya berbagai masukan yang telah disampaikan para tokoh maupun dari mantan pengurus dan juga mantan pemain Persib.

Menurutnya saat ini terlepas dari adanya sebuah saran maupun sebuah kritikan yang akan disampaikan dalam hal itu, kata Kuswara hal ini nantinya merupakan wujud dari adanya sebuah kepedulian dari banyak pihak-pihak terhadap eksistensi dari klub Persib. “Soal masalah pembinaan akan kami biarkan terus dapat berjalan, yang saat ini perlu untuk dapat ditekankan disini adalah adanya koordinasi dan juga sinerginitasya dengan pihak-pihak yang ada terkait . Adanya masukan-masukan dari pihak Eksternal klub adalah salah satu kunci untuk kemajuan dari klub  Persib , Termasuk dari Pers ,” tandasnya. Bola Online