Bola Online 5 Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia

5 Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia

5 Klub Sepak Bola Terkaya Di Dunia

Bola Online – Anda mungkin sesekali bertanya-tanya, bila melihat dari mudahnya para klub-klub bola ini jor-joran dalam mengeluarkan uang jutaan dunia di bursa transfer, apakah pendapatan klub bola begitu besar? Dibawah ini adalah 10 besar skuad sepakbola raksasa dengan penghasilan tertinggi. Penghasilan yang didata mengutip dari majalah Forbes adalah pada periode 2012-13 saja. Jangan terkejut ya melihat besarnya pendapatan mereka.

1. Real Madrid

Skuad dari London, Inggris ini hingga sekarang masih bertengger sebagai klub sepakbola paling kaya di dunia. Tak tanggung-tanggung, dalam kurun musim 2012-13 saja, pasukan yang kini di arsiteki oleh Carlo Ancelotti ini mereguk keuntungan hingga $ 3,3 miliar atau kira-kira Rp 34,1 triliun. Pendapatan yang menakjubkan ini diperoleh oleh Los Blancos dari sponsor, yang sebenarnya adalah pendapatan tertinggi dari skuad ini. Sumber pendapatan yang kedua antara lain penjualan jersey di seluruh dunia. Jajaran pemain top yang ada di El Real, diantaranya Christiano Ronaldo, Gareth Bale, Isco, dan lain-lain membuat penjualan jersey Real Madrid laris manis bak kacang goreng. Lainnya berasal dari hak siar laga, tiket penggemar, hingga penjualan foto. Wow.

2. Manchester United

Posisi kedua tim sepakbola paling kaya ada tim The Red Devils. Sang kampiun Liga Premier Inggris ini mengantongi pemasukan dengan nominal $ 3,17 miliar yang setara Rp 32,8 triliun. Manchester United tak dapat berkelit bahwa pendapatan fantastis yang berhasil mereka kantongi adalah berkat andil Sir Alex Ferguson. Pelatih kawakan dari Skotlandia ini bukan hanya membuat si setan merah mendominasi sepakbola di kancah benua biru, tapi juga menjadikan United sebagai merk jual terkenal di seantero dunia. Jajaran sponsor dengan nilai kontrak jutaan euro mengantri untuk bekerja sama dengan tim yang bermarkas di Old Trafford ini. Yang paling memberi impact besar adalah kerja sama United dengan brand mobil mewah dunia, Chevrolet. Nilai kontraknya saja mencapai 559 juta euro atau Rp 5,7 triliun.

3. Barcelona

Raja sepakbola Spanyol ini berada di peringkat ketiga. Los Blaugrana tak kurang mencatatkan pendapatannya $ 2,6 miliar hampir sama dengan Rp 27 triliun. Skuad juara La Liga ini mengimbangi pemasukan gila-gilaan dengan jajaran prestasi yang semakin membuat loyalitasnya sulit berpaling. Juara bertahan La Liga ini pun banyak menginvestasikan dana yang mereka miliki dengan tak pelit-pelit membeli pemain-pemain mewah, dan tak diragukan kwalitasnya. Paling anyar tentu saja hadirnya Neyar ke Camp Nou. Sang bintang muda dari Brasil ini rela pergi dari skuad sebelumnya, Santros, dengan mahar sebesar $ 74 dolar atau Rp 767 miliar. Tapi terbukti pemain 21 tahun ini menunjukan performa yang bagus sepanjang awal musim bersama El Barca. Dan 2 musim lagi, tepatnya pada 2015/16 nanti, Barcelona akan mendapat pemasukan lebih besar lagi usai disahkannya perjanjian kerja sama dengan Qatar Sports. Nilai investasi mereka saja $ 38 juta yang kira-kira adalah Rp 393 miliar.

4. Arsenal

Bersama The Proffesor, Arsene Wenger, Arsenal duduk di peringkat keempat skuad terkaya. Musim lalu pendapatan mereka senilai dengan $ 1,326 miliar atau Rp 13,5 triliun. Mungkin sudah biasa bila klub-klub lain mendapatkan penghasilan yang fantastis dari sponsor, tapi Arsenal memiliki cara lain untuk mengeruk dolar sebanyak-banyaknya. Pendapatan paling besar dari skuad ini berasal dari penjualan tiket pertandingan di Emirates Stadium. Emirates Stadium sendiri dapat menampung sampai 60.400 penonton setiap kali The gunners berlaga. Dari sektor tiket saja, meriam London mengantongi $ 149 juta ( Rp 1,5 triliun ). Nominal fantastis tersebut tentu masuk akal bila melihat padatnya stadion kebanggaan tersebut dalam tiap laga, dan juga harga tiketnya yang mencapai Rp 1,9 juta. Harga tiket ini paling tinggi diantara skuad liga Inggris lain.

5. Bayern Munchen

Terakhir adalah Bayer Muenchen yang meraih kesuksesan pada musim lalu. The Bavarians mendapat keuntungan hingga $ 1,3 miliar ( Rp 13,4 triliun ). Pendapatan skuad ini berkat 3 trofi yang berhasil di gondol sepanjang musim lalu. Puncaknya adalah kemenangan Bayern di Liga Champions dengan hasil utama 10,5 juta euro. Bola Online