Blackburn Paksakan Pertandingan Replay

Blackburn Paksakan Pertandingan Replay

Blackburn Paksakan Pertandingan Replay

Klub yang berbeda level permainan seperti Blackburn Rovers mampu mengimbangi klub kaya raya Manchester City 1-1 pada babak ketiga Piala FA. Dengan hasil pertandingan yang berakhir imbang, Blackburn pun memaksakan pertandingan harus ditentukan lewat pertandingan replay di Etihad Stadium. Pada pertandingan yang digelar di Ewood Park, Sabtu (4/1/2014) malam, City tampil dengan sejumlah pemain utama yang ada di skuat. Walupun begitu, Joe Hart yang beberapa pertandingan terakhir kembali tampil untuk menjaga gawang harus duduk di bench. Manuel Pellegrini mempercayakan pos di bawah mistar kepada Costel Pantilimon yang merupakan pemain pelapis. Blackburn juga menurunkan sejumlah pemain utama yang dimilikinya. Grant Hanley, Scott Dann dan Tommy Spurr masih tampil sebagai pemain lini pertahanan. Demikian pula Jason Lowe, Tom Cairney dan Chris Taylor yang ada di poros antara lini belakang dan lini serang.

Sedangkan Jordan Rhodes yang sudah mencetak 16 gol, dicadangkan oleh manajer dalam pertandingan ini. Sebagai gantinya Rudy Gestede dimainkan sebagai penyerang. Di babak pertama jalannya pertandingan, City tampil lebih mendominasi. Walaupun mampu mengancam, tim besutan Manuel Pellegrini itu masih kesulitan untuk membobol gawang yang dikawal kiper senior inggris. City mendominasi penguasaan bola hingga 70% selama pertandingan. Sementara tim tuan rumah bertahan dengan rapat dan ketat. Mereka kerap mengandalkan serangan balik untuk mencari celah dan membalas serangan. Blackburn pun unggul dalam pencapaian percobaan tendangan di separuh waktu normal. Blackburn melepaskan 3 tendangan dengan satu di antaranya tepat mengarah ke gawang. Sementara City mendapatkan satu tendanga dan satu yang tepat ke gawang.

The Citizens akhirnya baru bisa unggul di menit-menit akhir babak pertama sebelum wasit meniup peluit. Berawal dari sebuah sundulan pemain asal Bosnia, bola langsung disambar oleh rekannya yang berposisi sebagai penyerang. Alvaro Negredo yang berasal dari Spanyol inilah yang kemudian membuat City unggul terlebih dahulu. Negredo melepaskan tendangan kaki kiri ke arah pojok bawah. Gol ini membuat City unggul 1-0. Di awal-awal babak kedua tepatnya pada menit 54, Blackburn mendapatkan sebuah tendangan corner. Dari corner inilah gol penyama kedudukan berhasil dicetak. Rudy Gestede menyambut sepak pojok itu dengan sebuah tandukan. Namun saja kiper asal Rumania Pantilimon tidak memblok bola dengan baik dan bola malah memantul ke pemain lawan. Lewat sebuah tendangan Scott Dann, akhirnya Blackburn menyamakan kedudukan.

City mendapatkan peluang bagus di pertengahan babak kedua. Negredo menyambar bola hasil tendangan rekannya yang diblok Robinson. Namun sundulan yang dilakukannya masih melenceng. Untuk menambah tenaga di lini tengah The Citizens. Pellegrini kemudian memasukkan Yaya Toure dan menarik keluar Fernandinho yang bermain sebagai starter. Sementara Gary Bowyer memasukkan Joshua King yang aslinya berposisi sebagai penyerang untuk menggantikan Lee Williamson yang berposisi sebagai gelandang. Paul Robinson kembali memblok tendangan pemain City di menit 73. Kali ini tendangan Dzeko yang dilepaskan dari luar kotak penalti ditepis dan diamankan oleh mantan penjaga gawang Tottenham Hotspur tersebut. Tiga menit setelahnya, Robinson lagi-lagi menyelamatkan gawangnya dari serbuan para penyerang. Kali ini tendangan Jesus Navas yang dilepaskan dari sisi kiri pertahanan Blackburn ditepisnya. City mendapatkan sepak pojok tetapi tidak menghasilkan peluang yang berarti.

Pada menit 80 Gary Bowyer akhirnya memainkan Jordan Rhodes yang merupakan top skorer Blackburn. Gestede yang berkontribusi atas terciptanya gol Dann, ditarik keluar oleh sang pelatih. City masih mendominasi jalannya pertandingan. Navas kembali mendapatkan peluang tetapi tendangan yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti masih melebar. City kemudian bermain dengan 10 orang sejak menit 85 setelah Dedryck Boyata mendapatkan kartu kuning kedua dari wasit. Bek bernomor punggung 38 tersebut melakukan pelanggaran terhadap DJ Campbell dan langsung diganjar hukuman oleh sang pengadil. Pablo Zabaleta kemudian dimainkan menggantikan David Silva dan diplot sebagai bek sayap kanan yang merupakan pos yang sebelumnya ditempati pemain yang terkena kartu merah. Sampai pertandingan selesai, skor 1-1 tetap tidak berubah dari kedua tim. Siapa yang akan lolos ke babak keempat akan ditentukan lewat pertandingan replay di Etihad Stadium yang kemungkinan besar akan digelar pada 15 Januari mendatang.