Alan Pardew Marah Atas Gol Yang Dianulir

Alan Pardew Marah Atas Gol Yang Dianulir

Alan Pardew Marah Atas Gol Yang Dianulir

Manajer Newcastle Alan Pardew mengatakan bahwa dia tak mengerti kenapa gol Cheick Tiote tak disahkan oleh wasit dalam pertandingan yang berujung pada kekalahan Newcastle melawan Manchester City. Tapi dia meminta maaf atas reaksinya tersebut. Tim besutan Pardew sedang dalam kondisi ketertinggalan satu gol saat Mike Jones memutuskan bahwa Yoan Gouffran yang berada diposisi offside melakukan gangguan dan intervensi pada permainan sebelum Tiote melepaskan bola yang menembus jala Joe Hart. “Saya tak merasa dia yakin atas keputusannya,” manajer Alan Pardew mengatakan tentang keputusan wasit Jones setelah Newcastle akhirnya kalah dengan skor 2-0. Pardew juga mengutarakan permintaan maafnya pada Manuel Pellegrini atas reaksinya di pinggir lapangan.

Peraturan offside

Seorang pemain dianggap offside, bahkan bila dia tak menyentuh bola, namun turut dalam “mengintervensi permainan lawan” dengan “mencegah lawan untuk bermain atau memegang bola, yakni tindakan menghalangi pandangan pemain lawan, atau melakukan duel saat lawan mau mengejar bola”. Sumber : Law 11 dari Buku Panduan FA. Pardew sempat bersitegang dengan pihak lawan saat dua tim sedang berjalan menuju lorong stadion untuk istirahat babak kedua. “Saat itu saya memang sedang panas,” jelas Pardew.

“Kami hanya mengutarakan pendapat seperti yang biasa kami lakukan sebagai manajer, untuk mendiskusikan sesuatu. Saya telah meminta maaf padanya dan juga pada diri saya, dan dia menerima permintaan saya.” Kenang Pardew atas tindakannya yang sempat marah pada Pellegrini. Pellegrini mengatakan setelah pertandingan bahwa Pardew telah melakukan komplain pada setiap keputusan yang dikeluarkan wasit. Setelah pertandingan, komplain Pardew terfokus pada keputusan yang menganulir gol dari jarak 25 yard oleh Tiote, terutama pada diklaimnya Gouffran berada di posisi offside, kendati dia tak memegang bola, tapi telah menghalangi pandangan Joe Hart dari posisinya tersebut.

“Kami merasa tidak diperlakukan dengan adil akibat gol itu. Jika saja gol itu masuk, mungkin jalannya pertandingan bisa berbeda.” “Saya telah menanyakan keputusan pada wasit setelahnya karena keputusan tersebut bersifat sangat teknikal.” “Tiote telah mencetak gol yang tidak bisa diselamatkan Joe Hart. Memang ada beberapa pemain di kotak penalti, tapi pandangan Joe Hart tidak terpengaruh.” “Bola bergulir diluar dari kontribusi Gouffran dan defender City-lah yang sedang mengganggu pandangan Joe Hart daripada siapapun disana.” Bukan kali ini saja Pardew melakukan kritik terhadap keputusan wasit. Musim lalu dia terkena larangan mendampingi timnya sebanyak dua pertandingan setelah mendorong asisten wasit saat timnya memenangi pertandingan dengan skor 2-1 melawan Tottenham. Dia juga pernah berselisih dengan manajer Arsenal Arsene Wenger di 2006 saat masih menangani West Ham.